Coba Lihat Kategori Dibawah Ini. Ada Games Android, Cerita Unik & Lucu Juga Loe

Sabtu, 22 Desember 2012

Cek Aplikasi Yang Menggunakan Akses Internet dengan Traffic Monitor


Hanya Info
Handphone Android adalah handphone yang sering kali terkoneksi ke internet, bahkan aplikasi dapat terkoneksi ke internet saat sedang berjalan di background atau tidak sedang digunakan. Hal ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan handphone Android.
Merupakan kelebihan karena aplikasi-aplikasi pada handphone Android akan menampilkan informasi secara real time dan juga selalu update. Misalnya Anda akan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan ketika ada pesan sosial yang masuk (misalnya YM, Twitter, dll) tanpa perlu masuk ke aplikasi tersebut.
Menjadi kekurangan tentu saja karena hal tersebut akan menyedot pulsa dan mungkin dapat menjadi masalah besar khususnya bagi yang belum berlangganan paket internet unlimited.
Bila Anda masih memerlukan koneksi internet Android karena membutuhkan fitur layanan seperti push email, namun tidak ingin pulsa (data) terpotong akibat aplikasi lainnya, maka Anda dapat menginstall Aplikasi “Traffic Monitor by RadioOpt”.
Dengan aplikasi ini Anda dapat mengetahui aplikasi Android mana saja yang menggunakan koneksi internet. Dengan mengetahuinya Anda dapat mengambil tindakan seperti membuang (uninstall) aplikasi tersebut, atau mematikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan di background menggunakan Task Manager yang telah terintegrasi dengan aplikasi Traffic Monitor.
Berikut langkah-langkah menginstall aplikasi Traffic Monitor:
  • Setelah terinstall, letakkan Widget Traffic Monitor di layar utama dengan cara menyentuh dan tahan layar utama > pilih Widgets > Pilih “Traffic Monitor” Sebelumnya pastikan pada layar utama masih tersedia ruang untuk meletakkan widget.
Widget Android Traffic Monitor
Gambar 1. Sentuh dan tahan layar untuk mengaktifkan widget
  • Bila widget sudah terpasang, tampilannya akan seperti dibawah ini:
Android traffic monitor
Gambar 2. Android Traffic Monitor
  • Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet, Anda cukup menyentuh gambar “Bola Dunia” dibawah tulisan “Traffic Monitor”. Bila disentuh akan muncul tampilan seperti dibawah ini
Internet Monitor Android
Gambar 3. Daftar Aplikasi yang menggunakan koneksi internet Android
  • Gambar panah kebawah menandakan besarnya file atau data yang di unduh (download) oleh aplikasi, tanda panah keatas menandakan besarnya file yang di unggah (upload) oleh aplikasi Android. Sedangkan tanda sigma (seperti huruf E) menandakan total file yang di unduh dan di unggah oleh Aplikasi.
  • Jika Anda telah mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, Anda dapat mematikan aplikasi tersebut dengan menggunakan Task Manager. Untuk mematikan aplikasi, klik tulisan “Task Manager” yang terletak di bagian kanan bawah (lihat gambar diatas) > beri tanda centang pada aplikasi yang ingin dimatikan > klik “Kill”. Namun, bila Anda tidak mengetahui secara pasti aplikasi yang ingin dimatikan, sebaiknya berhati-hati, karena bila Anda mematikan aplikasi yang merupakan sistem Android, maka HP dapat berfungsi dengan tidak semestinya dan Anda harus merestart handphone.
  • Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan pengetesan kecepatan internet yang sedang Anda gunakan. Caranya adalah dengan menekan gambar “spidometer” (gambar jam) pada widget Traffic Monitor. Namun, perlu kami ingatkan bahwa untuk melakukan tes kecepatan internet akan dikenakan pulsa (data) karena aplikasi akan mengunduh sejumlah data untuk mengetahui kecepatan internet.
Catatan: Jika aplikasi Traffic Monitor sudah tidak diperlukan lagi atau tidak ada aplikasi “bandel” yang menggunakan koneksi internet seenaknya, maka Anda dapat menghapus aplikasi ini, karena biar bagaimanapun aplikasi ini menggunakan daya CPU ketika melakukan monitoring aplikasi-aplikasi lainnya.


Hai Gan..Jangan Lupa Baca Artikel Ini Ya :

0 komentar:

Posting Komentar

Like Us Facebook